V For Vendetta

Leave a comment

November 8, 2012 by unclevoldie

oke, siapa yang nggak tau V For Vendetta (VFV)?

nah, gue pertama kali kenal nama VFV ini enam tahun yang lalu.. tahun 2006. ini adalah film kesukaan gue sepanjang masa. selama 6 tahun gue nonton film, nggak ada film yang lebih gue sukai dari VFV ini.

cerita kenapa gue bisa kenal sama VFV ini sebenernya singkat dan simpel banget. jadi, enam tahun yang lalu, waktu gue masih umur 14 tahun (sekitar 1 atau 2 SMP, ya?) gue les di EF. waktu itu ada sebuah acara di EF dan temen gue menang sebuah kuis (kalo ga salah) dan hadiahnya itu nonton gratis di bioskop. temen gue ini (cowok dan panda) ngajak kami sekelas buat nonton bareng dia.

nah, sampe di bioskop, tanggal 18 maret 2006 di hari sabtu, yang dateng ternyata dikit. anak sekelas yang dateng cuma temen cowok gue, temen cewek gue (panda), dan gue. sedangkan sisanya adalah guru gue, Miss Lisa dan beberapa admin EF yang deket banget ama gue. jadi, bagi gue, itu dikit banget karena kelas gue dulu ada sekitar 8-10 orang, kalo nggak salah. jadi gue berharap yang dateng banyak.

ini tiket film nonton vendetta 6 tahun yg lalu.. masih gue simpen ampe sekarang. liat, tulisannya udah ilang walopun masih ada sisa ‘etta’-nya

nah, karena yg dateng dikit, jadi bingung pada mau nonton apa. waktu itu gue juga nggak tau film apa yang bagus.. secara itu adalah kedua kalinya gue ke bioskop sejak gue SD kelas 2-3an. kita bertiga saling bertanya, pada mau nonton apa.. saling nggak enak dan maunya ngikut2 aja. miss lisa sama admin2 lain juga nggak ngasih ide karena harus kami yang nentuin (secara itu hadiah kami, gitu).

setelah beberapa menit bengong2 nggak jelas, gue ngeliat ada satu spanduk yang menarik perhatian gue; latar merah-krem-item dengan cowok bertopi di covernya. kayak gini:

poster film V For Vendetta yang gue liat

gue yang ngeliatnya langsung, “GYAAA!!! GYAAA!! PANDA! PANDA! NONTON INI AJAAA!!” dan yang lain nanya, “ini aja? ya udah..” akhirnya, pada setuju buat nonton.

sejujurnya, gue nggak tau itu film apa. gue cuma tertarik karena posternya ada cowok bertopeng dan bertopi. gue sempet ngira ini film heroik2 kayak zoro gitu. tapi rupanya.. bukan. pas awal gue nonton, ada adegan orang2 berpakaian jaman dulu (mideval) gitu.. semangat gue langsung runtuh. waktu itu gue berharap film ini nggak boring dan orang2 nggak nyalahin gue karena terlanjur nonton film ini.

tapi..

setelah adegan masa lalu itu habis, muncul lah kobaran api yang membentuk sebuah lambang:

logo yang muncul di awal film

gue ama panda langsung, “anjrit lah.. keren banget!!” dan kami pun nonton dengan antusias.. melihat sosok V yang keren, bikin gue jatuh cinta ama karakter ini~♥

V

V waktu ketemu Evey Hammond

.

selesai nonton, gue sama panda fangirling soal V. gue ama panda awalnya bener2 seneng sama film itu. tapi gue rasa, panda nggak sengefans itu sama V. dan gue rasa, dia nggak begitu ngerti apa ceritanya. gue waktu itu juga nggak ngerti sama ceritanya, rada kecewa, rada pusing, dan bosen di sepanjang film. gue kesel karena evey nggak ngebuka topeng V di akhir film. tapi, gue tetep terhibur sama sosok V.

gue waktu itu menangkap beberapa maksud film itu.. bahwa film itu tentang pemberontakan. dan novel pertama gue sangatlah terpengaruh sama film ini. The Black Theater juga kurang lebih ceritanya kayak gini.. makanya sampe sekarang gue nggak tau cara me-revisi cerita itu karena dasarnya aja udah sama kayak V For Vendetta.

seiring waktu, gue mulai mencari dvd2 bajakannya.. gue nonton seenggaknya beberapa bulan sekali (pas kangen). gue juga nemuin novel graphic-nya buatan David Lloyd. gue sampe sekarang bener2 ngefans.. ngefaaaaanssss banget ama V.

 

tapi, sampe beberapa menit yang lalu, gue masih nggak tau apa maksud dari film itu. nggak banyak orang yang ngerti maksudnya.. termasuk gue (sekarang). VFV itu film kompleks dan bikin pusing karena alur dan ceritanya yang nggak umum. banyak orang2 yang nggak ngerti filmnya bilang film itu jelek.. dari semua orang yang gue tanya, jarang ada yang suka sama VFV.

sampai tadi, gue nonton filmnya lagi setelah sekian lama nggak nonton. gue tonton dari awal.. gue ulang2 adegan2 yang gue suka dan dialog2 yang nggak jelas. dan setelah itu, gue baru ngerti maksud filmnya. film yang selama ini gue sukai, emang nggak bisa segampang itu dimengerti. butuh 6 tahun biar gue ngerti maksud dari ceritanya.

dan entah pengertian gue ini bener apa nggak.. semoga aja, bener.

.

bagi gue, V itu superhero sekaligus simbol dari pemberontakan dan kebebasan. di film itu, V berusaha membuka mata semua penduduk Inggris buat menyadari apa yang telah pemerintah mereka lakukan terhadap mereka. V menyadarkan mereka tentang kanselir Adam Sutler yang menjanjikan kebebasan pada penduduk, tapi pada akhirnya justru membuat penduduk bungkam dan terdiam dalam ketakutan. dia mengajak semua penduduk inggris untuk memberontak dan mengubah negara yang sakit itu.

bersama dengan pembangkitan negara yang membutuhkan waktu 1 tahun (dari 5 november sampai 5 november lagi), V membalaskan dendam2nya pada anggota partai yang udah menjadikan dia sebagai kelinci percobaan atas obat2an. (tapi ini bagian kecil dari ceritanya, sih. cuma sebagai sampingan doang)

inti dari ceritanya,

beberapa tahun yang lalu ada sebuah wabah (virus) menyerang 3 sumber air di inggris. hal ini diberi nama ‘kasus st. mary’, st. mary itu nama sekolahan yang terjangkit wabah tersebut. wabah itu menyebabkan kematian hampir 100 ribu orang.. salah satunya, adiknya Evey. virus ini (menurut pemahaman gue) adalah hasil eksperimen anggota partai Adam Sutler ini.. dimana salah satu kelinci percobaannya adalah V dan beberapa manusia2 berbeda lainnya (homoseksual, teroris, dll).

sejak terpilihnya adam sutler sebagai pemimpin negara, kasus st. mary mulai mereda dan akhirnya memperoleh kepercayaan masyarakat. tapi pada kenyataannya, itu semua cuma trik2 dari anggota partainya adam sutler biar dia dan anggota partai lainnya bisa menduduki negara.

selama bertahun2 adam sutler memimpin dan rakyat2 dibungkam dalam ketakutan terhadap kaki tangan adam sutler ini. dan selama bertahun2 pula V merencanakan balas dendam (vendetta) pada setiap petinggi2 partai dan orang2 yang dulu terlibat dalam partai tersebut.

V yang selama ini sembunyi di dalam Shadow Gallery-nya, akhirnya muncul di detik2 menjelang dan setelah 5 november. setelah itu, pada 5 november, V mulai pergerakannya buat menggulingkan pemerintahan adam sutler. dia mengajak seluruh penduduk inggris buat berkumpul di depan gedung parlemen 1 tahun dari 5 november (tahun ini) ke 5 november tahun berikutnya.

awalnya penduduk pada ragu.. tapi, dari hari ke hari, V mulai membunuh petinggi2 partai yang sering muncul di TV. petinggi2 ini adalah orang2 yang kontak langsung dalam masa kelam V selama dia dipenjara (detention camp). orang2 yang muncul di TV ada komandan yang setelahnya jadi Voice of England(atau London?), pendeta yang akhirnya jadi bishop, dokter yang melakukan eksperimen obat2an, dll. semuanya.. satu per satu dibunuh sama dia menjelang 5 november tahun berikutnya. sampai di malam tanggal 4 november, V berhasil membunuh adam sutler dan tangan kanannya, Creedy dalam sekali serang.

setelah itu, V meninggal karena ditembak Creedy beserta anak buahnya.. berkali2.

.

dari film ini, gue menangkap kalau V itu adalah sebuah personifikasi dari simbol. V itu adalah bentuk kekuatan dan cahaya yang menggiring seluruh penduduk inggris menuju kelayakan dalam hidup bernegara. sosok V yang begitu patriotik menjadi sosok superhero bagi gue.. dia sumber inspirasi dan dia yang membentuk kepribadian gue yang sekarang, serta pola pikir gue.

V yang pada akhirnya meninggal bersamaan dengan tumbangnya pemerintahan adam sutler. V yang meninggal sambil menutup jaman yang kelam bagi inggris. …ini keren banget. dan tiap kata2 V itu selalu berarti. kata2nya puitis dan susah dimengerti orang banyak.. perlu diulang berkali2 buat ngerti maknanya.

duh.. ini beneran susah diungkapin dengan kata2.

intinya, V For Vendetta itu tentang politik, anarki, pemerintahan adam sutler juga menggambarkan pemerintahan jaman pak harto (bedanya, ini lebih nggak manusiawi dan cara2nya kotor). VFV itu bukan film ringan yang bisa dimengerti dengan sekali tonton.. buat nonton, kudu buka kamus biar ngerti maksud per kata nya.

kata2 favorit gue adalah:

1. “gedung itu simbol, sama dengan tindakan peledakannya. simbol memberi kekuatan bagi rakyat. dengan meledakannya, sama dengan memberi harapan pada rakyat.. dapat mengubah dunia.” (kurang lebih ini artinya)

2. “there’s no certainty.. only opportunity.” (ini gabisa diartikan ke bahasa indo.. nanti maknanya berkurang krn gue gatau cara mentranslate-nya)

3. “rakyat tidak seharusnya takut pada pemerintah, pemerintah yang seharusnya takut pada rakyatnya.”

 

ini kata2 yang patriotik banget.. dan gue rasa, sikap/sifat patriotik udah mulai memudar dari generasi gue di indonesia.. dari tahun ke tahun, makin menipis. dan gue liat, nggak ada pemuda yang sama sekali ingin mengubah pemerintahan dan negara yang sakit ini demi kepentingan bersama. nggak ada yang ingin menggulingkan sifat licik dan kotor itu dari darah-daging seluruh penduduk indonesia. kebanyakan pemuda udah kehilangan minat buat mengubah negara ini.. ngerasa nggak mampu.

dan gue rasa, kami butuh V.. V versi indonesia. V versi kami sendiri..

 

«

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Korban

  • 2,652 Jiwa

MIKA

Tentang Uncle Voldie

Uncle Voldie adalah manusia random yang punya daya khayal berlebih. Obat yang harus diberikan ketika kumat adalah setumpuk lagu2 MIKA, foto2 MIKA, kalau bisa, beserta orangnya.

Uncle Voldie tahun 2013 ini bakal beranjak ke 21 tahun. Saat ini Uncle lagi kuliah di sebuah univ swasta di Jakarta jurusan Akuntansi. Hobi Uncle adalah curcol di blog, nggambar dan bikin karya2 aneh, menulis novel, serta 9gagging.

Blog ini adalah sekumpulan cerita dan curcolan Uncle Voldie yang random. Kadang bisa serius, kadang nggak ada serius2nya. Silakan sebarkan link blog ini jika berkenan. Uncle akan senang sekali bila ada Death Eater yang mau membantu Uncle menyebarkan mantra2 random milik Uncle.

Vielen dank. Auf wiedersehen.

Uncle Voldie’s Calendar

November 2012
M T W T F S S
« Oct   Dec »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: